BELAJAR MS.WORD

MEMBUAT DOKUMEN BARU

  • Buka Program Ms.Word
  • Pilih Blank Dokumen

MENYIMPAN DOKUMEN DAN MEMBERI NAMA FILE
  • Klik menu File
  • Klilk Save



  • Klik Browse
  • Pilih Lokasi Penyimpanan
  • Beri nama file
  • Tentukan type penyimpanan
  • Klik Save

MENGATUR MARGIN DAN KERTAS
  • Klik menu layout
  • Klik Margins
  • Pilih Custom Margins
  • Tentukan Margin di menu margin
  1. Top      : Batas Atas
  2. Bottom : Batas Bawah
  3. Right    : Batas Kanan
  4. Left      : Batas Kiri
  • Tentukan Orientation
  1. Portrait       : kertas dengan posisi berdiri
  2. Landscape  : kertas dengan posisi tidur


  • Tentukan kertas di menu paper
  • Klik OK (kalo ada tulisan fix atau ignore pilih ignore)
FORMAT FONT
  • Klik menu Home
  • Lihat Sub Menu Font
  1. Bold               : menebalkan huruf
  2. Italic               : membuat tulisan miring
  3. Underline       : membuat tulisan garis bawah
  4. Strike trought : membuat coret
  5. Subscript        : membuat tulisan kecil dibawah
  6. Superscript     : membuat tulisan kecil diatas
  7. Font Color      : membuat warna huruf
  8. Font                : memilih jenis huruf
  9. Font Size        : memilih ukuran huruf
  10. Cange Case    : merubah bentuk huruf 

MENYISIPKAN WORDARD
  • Klik menu Insert
  • Klik Word Art
  • Pilih Model WordArd


  • Tulis text 
  • Klik OK
  • Klik Format
  • Pilih Wraptext
  1. In Front of Text : gambar di depan text
  2. Behind Text       : gambar di belakang text


MENYISIPKAN GAMBAR
  • Klik Menu Insert
  • Klik Picture
  • Pilih gambar di lokasi penyimpanan
  • Klik Insert


  • Klik Format
  • Pilih Wraptext
    1. In Front of Text : gambar di depan text
    2. Behind Text       : gambar di belakang text
MEMBUAT TABEL
Tentu saja, Anda harus menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar Word Anda. Cara menambahkannya cukup mudah kok, berikut ini cara-caranya:
1.      Tempatkan kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda. Apakah Anda sudah menemukannya?
2.      Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016, kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.
3.      Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
4.      Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda.
5.      Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik.
Untuk berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan secara otomatis membuat baris baru.



0 komentar: